Latest News

Thursday, January 31, 2008

Pertolongan Untuk Keracunan

Pada hakekatnya semua zat dapat menimbulkan keracunan dan merupakan reaksi tubuh terhadap zat yang masuk tersebut kedalam tubuh masuknya racun kedalam tubuh melalui : Mulut (termakan), paru-paru (terhirup), Kulit (meresap) sedangkan tanda2 keracunan tidak selalu sama tergantung pada :
Jenis Racun, jalur masuknya racun kedalam tubuh, banyaknya racun yang masuk, konsentrasi racun, lamanya berada dalam racun. sedangkan secara umum keracunan dapat menimbulkan gejala : Mual-mual kadang disertai muntah, pusing atau sakit kepala, berkunang-kunang mata, perut mules, mulut atau napas bau racun yang masuk, sesak napas pernapasan terganggu, kadang2 timbul kejang, kesadaran menurun sampai Pertolongann kalau melalui Mulut :
1. Encerkan racun yang masuk kedalam lambung dengan meberi minum sebanyak mungkin agar konsentrasi racun rendah sehingga penyerapan dapat diperlambat. dan makanan/minuman yang boleh diberikan al :Air minum biasa, susu, Teh pekat, telur, Roti bakar hangus juga segara kosongkan lambung bila si penderita masih sadar dapat dirangsang supaya muntah
2. Keracunan Melalui Paru-paru antara lain pertolongannya :a. Penderita harus segera dibawa ketempat yang aman/bebas.b. kalau sadar sipenderita disuruh bernapas dalam berulang kali.c. Bila tidak bernapas berikan napas buatan, hati2 jangan sampai penolong terkontaminasi dengan udara beracun.d. Bila denyut berhenti lakukan denyut jantung butan.e. Segera bawa kerumah sakit terdekat.
3. Keracunan melalui Kulit pertolongan :a. segara bilas/ cuci dengan air sampai bersih.b. pakain yang terkena dilepas.c. Perhatikan agar penolong tidak terkontaminasi.
dari semuanya ini yang paling penting adalah berusahalah untuk tidak mendekati tindakan-tindakan berbahaya karena kesehatan lebih baik daripada materi.

No comments:

Post a Comment

Recent Post